Alumni

Sejauh ini Jurusan Bahasa Inggris telah meluluskan 245 orang. Tabel di bawah ini menunjukkan total lulusan hingga tahun 2015:

Tahun Jumlah Lulusan
2009 27
2010 28
2011 27
2012 29
2013 27
2014 57
2015 50
Total 245

Setelah mereka lulus, kebanyakan dari mereka membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk mendapatkan pekerjaan karena mereka telah dibekali pengetahuan yang cukup untuk bekerja di berbagai posisi yang berbeda dalam sebuah perusahaan. Mayoritas dari mereka membutuhkan waktu kurang dari tiga bulan untuk mendapat pekerjaan. Di bawah ini adalah persentasenya:

Grafik di atas menunjukkan bahwa 82 persen dari lulusan mmendapatkan pekerjaan dalam waktu waktu kurang dari 3 bulan, 14 persen dalam waktu 6 bulan dan 4 persen dari lulusan 7-12 bulan atau lebih untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka setelah lulus dari POLBAN. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan Jurusan Bahasa Inggris memiliki keterampilan yang sangat kompetitif untuk bersaing di dunia kerja.

Sebagian besar alumni bekerja di perusahaan swasta nasional, beberapa bekerja di perusahaan asing dan instansi pemerintah. Selain itu, karena mereka juga diajarkan tentang kewirausahaan, beberapa dari mereka memilih menjadi pengusaha. Di bawah ini adalah persentasenya:

work place

Untuk melihat lebih jauh tentang prospek karir dan daftar perusahaan yang telah merekrut lulusan Bahasa Inggris, silahkan klik disini.

Apa kata mereka tentang Jurusan Bahasa Inggris?

“Jurusan Bahasa Inggris Polban secara keseluruhan telah memberikan pelajaran atau matakuliah yang diperlukan oleh mahasiswanya, dan yang mendukung lingkungan pekerjaan yang ada. Akan lebih baik jika sering diadakan forum diskusi dengan mengundang dosen tamu guna memberikan informasi, pengalaman maupun gambaran perihal dunia kerja di luar matakuliah yang ada.”

Achmad Kadarullah, Ketua HIMARIS (2006-2007)

“Program Studi D-3 Bahasa Inggris adalah rumah kedua bagi saya, selain tempat saya belajar hard skills yang bukan hanya bahasa Inggris saja tetapi ditunjang juga dengan matakuliah lainnya. Saya juga banyak belajar soft skills lewat kegiatan himpunan mahasiswa. Keduanya sangat bermanfaat untuk bekal di dunia kerja atau pun berwirausaha.”

Achmad Faisal Aini, Presenter in The 59th Teflin International Conference

“Jurusan dengan pengajar profesional yang memberikan pengetahuan serta keterampilan yang aplikatif di dunia kerja.”

Irena Ayu Nanda, Peraih Penghargaan Lulusan Terbaik dan Tugas Akhir Terbaik 2014

“Selama hampir tiga tahun kuliah di jurusan ini, saya banyak menambah ilmu di beberapa bidang karena di jurusan ini menyediakan program yang sangat aplikatif (mencakup banyak bidang: akuntansi, manajemen perkantoran, dll). Selain itu, saya rasa Jurusan Bahasa Inggris peduli terhadap masa depan mahasiswanya karena beberapa program telah dilaksanakan untuk menunjang skills, seperti: table manner, program sertifikasi, dan tes TOEIC.”

Bella Baroqah, Peserta Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea Selatan (PPIKor) dan Juara 3 MAWAPRES POLBAN 2012

“Bagi saya, Jurusan Bahasa Inggris merupakan Jurusan yang sangat bagus karena kita tidak hanya blejar Bahasa Inggris tapi juga bisnis, budaya, akuntansi and dan banyak lagi yang lainnya. Saya mendapat banyak sekali pengalaman yang berharga untuk menghadapi dunia kerja.”

Arsy Pasha Maishyta, Bahasa Inggris angkatan 2012

“Saya sangat berterima kasih kepada Jurusan Bahasa Inggris karena semua mata kuliah yang diajarkan seperti Writing, Speaking, Presenting, MICE, Office Management, Business English and Business Letter, Accounting and Administration, Business Communication, dan kedisiplinan POLBAN dapat saya aplikasikan di pekerjaan saya.”

Fuzi Tresnagalih, Bahasa Inggris angkatan 2012